TOPNas, Laut – Sebuah kapal jenis fiber dengan rute desa Mansalean tujuan Pulau dengan POB 4 orang di perairan laut desa Mansalean, Kec. Labobo, Kab. Laut pada Jumat 29/9/2023) malam tenggelam di perairan Mansalean.

Informasi yang diterima topiknasional.com dari bidang humas Kantor Basarnas Palu disubutkan penyebab kecelakaan tunggal kapal tersebut akibat kondisi dan .

“Cuaca dan kelebihan barang muatan” demikian ditulis bidhumas Basarnas Palu melaluin pesan WhatsApp saat dikonfirmasi topiknasionala.com, (30/9/2023).

Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu sendiri menerima laporan peristiwa itu pada Jumat (29/9/2023) pukul 21.45 wita dari Kabid Darurat Balut, Bapak Anca.

Dari pelapor diketahui kronologis kejadian pada Jumat (29/9/2023) pukul 20.00 wita kapal dengan rute desa Mansalean ke Pulau Banggai bertolak dari dermaga Mansalean dan pada pukul 20.30 wita kapal terbalik dan tenggelam di perairan Mansalean dengan POB 4 orang.

Setelah informasinya diterima tim rescue dari Unit Siaga SAR Banggai Laut langsung diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan 1 (satu) unit Rigid Bouyancy Boats (RBB).

Setibanya di lokasi kejadian tim rescue langsung melakukan evakuasi. “Tim rescue tiba di lokasi dan langsung melakukan evakuasi. Seteleh proses evakuasi dilakukan ternyata korban berjumlah 6 orang dimana sebelumnya yang diterima 4 orang. Tapi puji syukur semua korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, korban selanjutnya dievakuasi ke pelabuhan Mansalean dan telah diserahkan kepada pihak keluarga,” terang Andrias Hendrik Johannes selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

Adapun data Korban :

  1. Nama : Rio (selamat)
    Umur : 37 tahun
    Pekerjaan : Pengusaha
  2. Nama: Eratman (selamat)
    Umur : 42 Tahun
    Pekerjaan : Nelayan
  3. Nama : Masri (selamat)
    Umur : 46
    Pekerjaan : Pengusaha
  4. Nama : Jefri (selamat)
    Umur : 50
    Pekerjaan : pengawas Bangunan
  5. Nama : Opi (selamat)
    Umur : 40 Tahun
    Pekerjaan : Sopir
  6. Nama : Kus (selamat)
    Umur : 25 Tahun
    Pekerjaan : Operator

“Terima kasih kepada semua unsur yang telah melakukan proses evakuasi terhadap korban,” sambung Andrias.

Unsur SAR yang turut melakukan operasi SAR yakni Tim Rescue Unit Siaga SAR Banggai Laut, Bpbd Balut, Babinsa, Pemerintah setempat dan masyarakat.***